Main Game Marketland

akhir-akhir ini gue lagi suka banget main game di facebook, nama gamenya Marketland. Gue main game ini sejak libur semester, soalnya kalo nonton terus juga bosen, akhirnya cari game deh, dari mulai games keren, games.co.id dan akhirnya game facebook. Dari semua game, ini favorit gue

Image

Menurut gue sih seru banget. Ya tipe-tipe game favorit gue kaya gini lah, yang ngedekor toko (kata ade gue toko gue heboh banget dekornya. masa sih….) terus warna dan grafiknya menarik. Sebenernya ini ga perting buat ditulis, tapi gue kepikiran nulis ini setelah kemarin ngerjain tugas Bimbingan SD. Ya, karna gue kuliah di jurusan PGSD atau Pendidikan Guru Sekolah Dasar, jadi Mata Kuliahnya gak jauh-jauh dari seputar itu. Tugas gue kemarin itu, mencari masalah akademis dan non-akademis siswa SD, dibuat di tabel beserta akibat, penyebab, dll dll. Masalah non-akademis yang gue buat itu tentang “kesenangan berlebihan pada permainan online”. terus buat ngerjainnya, gue cari-cari referensi di internet dan entah mengapa jadi keinget diri sendiri. Ya meski game yang gue mainin ga terdengar ekstrim ya, kayak game-game di warnet yang kalo gue diwarnet terus disebelah gue ada anak main game sampe kayak “Anjing!!!! Ah bangsat nih *cetasss* (ceritanya mencet tombol saking kerasnya sampe bunyinya kedengeran)”. Tapi tetep aja gue ngerasa, ah bener juga…

Dibawah ini adalah hal-hal yang kemarin gue dapet (sebenernya bukan ini sih yang kemarin gue temuin, tp karna kemarin lagi pake incognito windows jadi ga ada historynya u__u)

Ciri-ciri game online yang dapat menyebabkan kecanduan :

  • Game multiplayer online Game online memang harus selalu diwaspadai bila si anak sudah mulai memainkannya. Game ini secara tidak langsung menuntut pemainnya untuk mengenal pemain lain atau harus memiliki teman untuk menyelesaikan permainan. Hal tersebut yang membuat si anak seperti memiliki kewajiban untuk membantu rekannya dalam game.

Wah bener juga nih. Apalagi game facebook kan emang rata-rata begitu. Buat menuhin misi perlu bantuan pemain lain. Gue aja sampe minta ID facebook beberapa temen, ade, sama nyokap biar gampang kalo butuh nyelesein misi .__.

  • Beraspek sosial tinggi Bersosialisasi merupakan hal yang harus dilakukan. Akan tetapi, bagaimana jika sosialisasi tersebut hanya dilakukan di dalam game? Kemampuan game untuk memperkenalkan satu pemain dengan pemain lain menjadi daya tarik yang kuat, terlebih untuk anak yang tidak terlalu aktif di dunia nyata.

kalo ini sih alhamdulillah ya ga ngingetin soal diri gue yang mulai kecanduan main game facebook. Tapi mungkin aja (tapi jangan sampe) pas gue udah jadi guru SD, anak murid gue ada yang ngalamin hal ini. Ya kan siapa yang tau. Tapi semoga aja engga deh, kasian kan kalo sampe kaya gini :(

  • Skor tertinggi Usaha untuk mendapatkan skor tertinggi membuat anak harus bermain game setiap hari. Si anak tidak mau skornya berada di bawah teman-temannya dan terus berusaha bermain agar memiliki nilai yang tinggi atau sesuai target. Padahal selalu akan ada target baru di setiap permainannya.

 NAH kalo yang ini bener banget!! gue sama ade gue selalu balap-balapan buat naik level. Kalo gue sendiri sih main marketland terus-terusan biar cepet naik level sama biar dapet duit yang banyak buat ngedekor tokonya. Dan tiap naik level, barang yang bisa dijual makin banyak dan barangnya lucu-lucu ><

Terus juga, kalo mau minta bantuan sama pemain lain kan ada limitnya yang itungannya perhari, jadi mau ga mau, kalo mau mainin game ini harus tiap hari. kalo tokonya ditutup, jadi ga dapet uang. Lagian kan toko yang udah kita bikin juga bisa diliat pemain lain, ya pengen dong keliatan keren, paling engga barang yang dijual udah lumayan banyak lah dari temen-temen yang lain. Sebelum main ini, gue main Cafe Land, ya sejenis lah. Temen gue ada yang udah level 90-an sedangkan gue level 20 udah stuck banget susah naiknya. Cafe dia baguuuussss banget, dan gue kan juga mau sampe level tinggi gitu u__u sebenernya ga tau sih buat apa, ya kesenangan pribadi aja.

dan kemarin gue ditegur sama ortu gara-gara main terus. Soalnya, gue ngerasa gue harus jagain toko gue dari kehabisa stok barang, kotoran di lantai, dan juga rutin memberi VIP Shopper dengan Shopper Card, biar dapet tambahan uang. Pulang kuliah kaya jadi kewajiban buat ambil laptop buat main game ini. Ngerjain tugas sambil online, sekali-kali ngecek gamenya. Pokoknya sebisa mungkin main terus. Akh ga sehat juga sih apalagi pas libur jadi begadang sampe malem banget (sekalian nunggu downloadan sih). 

  • Butuh uang sungguhan Untuk mencapai nilai yang tinggi tentu membutuhkan amunisi yang banyak. Pemain harus memilih antara bermain sepanjang hari dan mengumpulkan poin untuk membeli amunisi tersebut, atau langsung membelinya dengan uang sungguhan di tempat yang memang sudah disediakan perusahaan game tersebut.

Yang ini juga bener nih. banyak banget barang-barang yang harus dibeli pake marketland cash, dan marketland cash itu susah didapet, jadi cara mudahnya ya beli. Tapi mahal banget bro. Kan bisa tuh beli pake mobile payment, masa 1 cash marketland harganya 5rb???? uang jajan bersih gue sehari cuma bisa beli 4 dong??? dan itu bisa dapet mie benhill yang super enak sebanyak 2 mangkok. yang bahaya sih, saking cintanya sama game game kaya gini sampe ngabisin banyak uang. Kalo udah punya uang sendiri masih mending lah ya. Tapi kalo anak kecil yang uangnya masih dari orang tua, dan sampe nyolong uang cuma buat main, kan menyedihkan banget

Ya intinya, ada negatif sama positifnya sih kalo main game. Positifnya bisa ngilangin stres atau kebosanan. Negatifnya ya itu tadi. banyak juga sisi negatif lain, kaya mata bisa perih, punggung sakit, dll dll. Sebagai calon guru, perlu tau hal-hal kaya gini karena fenomena kecanduan game online ini udah banyak dialami anak-anak jaman sekarang. Peran ortu juga penting sebagai pengawas buat anak-anak mereka. soalnya gue denger-denger temen gue di SMA ada yang suka bolos gara-gara main di warnet. Udah SMA loh padahal, bukan anak bocah SD lagi. 

Emang sih, game itu sendiri mengembangkan game mereka pake uang yang didapet dari pemain-pemain yang udah kecanduan berat. Ya gue sih terimakasih aja sama mereka, karena gue ga mungkin kan bayar buat ginian, dan meski ade gue udah ngajak cari cheatnya, tapi ga seru lah ya, ga ada usaha :p

sekarang gue kalo main jadi dikurangin intensitasnya. Sekalian buat trik trik biar cepet naik level sekaligus ga ngabisin banyak waktu buat main. Ya semua game pasti bisa dicari dong trik-triknya buat keperluan tertentu

Yah, iseng-iseng nulis ini, sekalian berhubungan sama materi kuliah juga kan :D

2 thoughts on “Main Game Marketland

Leave a Reply

